My Life Journey :

(REVIEW) PES 2013 Demo



( Notice : Klik masing-masing gambar untuk memperbesar! )

Sesuai janji saya sebelumnya, kali ini saya akan sedikit mereview demo Pro Evolution Soccer ( PES ) 2013 yang sudah dibahas di postingan "(Preview) PES 2013 Demo" sebelumnya.

Sebelumnya, ini dia link download Demo PES 2013 yang sudah saya cantumkan di postingan sebelumnya.

(Klik masing-masing gambar untuk memperbesar!)

Ya, seri pes terbaru ini menggunakan bintang Real Madrid ( Cristiano Ronaldo ) sebagai ikon-nya.Hal itu bisa dilihat di trailer PES 2013 yang banyak tersebar di dunia maya. Beberapa diantara-nya adalah sebagai berikut ini:


Tak jauh berbeda dengan saat kita menginstall game tersebut, ikon Cristiano Ronaldo turut mengisi space installation box sebelah kiri. 
 



To the point langsung aja yah..
Untuk tampilan awal masuk ke game dan menu setting tidak jauh berbeda dari seri-seri pes sebelumnya. Bahkan di tampilan awal masuk ke dalam game hanya ikon loading saja yang berubah. Setelah beberapa detik, kita akan disuguhi video ringkasan isi di dalamnya kelak.

Di bawah ini beberapa screenshot gambar yang dapat saya ambil menggunakan fraps.


Salahsatu tendangan yang paling saya sukain di video pembukaan itu waktu Ibrahimovic nendang pake tumit belakang. Pengembangan lain yang dilakukan KONAMI terhadap PES 2013 yang mengantarkannya meraih predikat "Best Sport Game" di Electronic Entertaiment Expo (E3) sebulan silam yakni penambahan fitur Player ID. Untuk detailnya sih saya ga begitu paham, tp dari kabar yang berhembus, fitur ini lebih menfokuskan pada skill pemain. Misalnya saja Ibrahimovic dari headernya, messi dari kecepatan larinya, Neymar dari olah bolanya.

(Casillas dan kaki .......... di video pembukaan) :P

C. Ronaldo Sebagai ikon utama dan perubahan dari segi tampilan menu depan


Dalam demo ini, KONAMI memberikan 4 Negara yang bisa dimainkan lewat match exhibition. Ke-4 Negara tersebut adalah Jerman, Italia, Inggris, dan Portugal. Selain itu disediakan pula 2 stadion di dalam paket demo ini : Royal London Stadium dan Vila Belmiro.


Jerman




Italia





Portugal


Inggris







Tak lupa, pes 2013 demo turut menghadirkan Copa Libertadores di dalamnya. Terdapat 4 club yang dapat kita gunakan :

1. Santos   



2. Fluminense FC 


3. SC Internacional



4. CR Flamengo








Mereview tak lengkap rasanya sebelum memainkan game-nya secara langsung. Nah, untuk review satu ini saya menggunakan negara Inggris menghadapi kesebelasan Jerman.
Terlihat ada perubahan di PES dalam hal yang satu ini, memilih baju menggunakan ikon centang dan preview pemain di samping starting lineup ke-2 kesebelasan yang akan bertanding. Tombol-tombol lainnya pun disusun sedemikian rupa dengan ikon yang simple, sederhana nan enak dipandang mata. Tombol KICK OFF tepat berada di bagian tengah dengan diapit tombol "stadium" dan "ball" di sebelah kiri serta tombol "team management" dan "setting" di sebelah kanan.


Penggunaan warna dan tata letak yang sangat baik sangat memudahkan dan memanjakan mata para gamer.


Untuk hal yang satu ini, saya acungi dua jempol untuk pihak KONAMI! 










Dalam seri demo PES 2013, pihak KONAMI me-lock hampir semua setting. Dari match time yang dibatasi hanya selama 5 menit, default "off" injuries, dsb. Gambar di samping menunjukkan bahwa hanya match level yang tidak di lock oleh pihak KONAMI. 








Tampilan data management tidak terlalu banyak perubahan, perbedaan dari seri sebelumnya mungkin hanya dari segi ikon menu yang diperhalus dengan rounder corner yang dibuat apik, menyatu dengan backgroundnya.




































 Papan board diperbaharui, lebih simple dan sederhana. Papan tersebut terdiri dari 3 bagian: bagian paling atas adalah nama match yang di gelar, bagian tengah adalah lokasi stadium, disusul 2 bendera/logo club beserta nama negara/club yang akan bermain.

Lorong pemain menuju lapangan pun tak banyak perubahan signifikan. Masih seperti halnya seri-seri pes sebelumnya, mungkin hanya ada peningkatan dari segi grafis saja.

Animasi pemain masuk ke lapangan masih seperti seri-seri sebelumnya juga, peningkatannya mungkin dari segi wartawan yang hadir meliput foto-foto pemain hahahaha
Sama seperti demo seri pes sebelumnya, demo pes terbaru ini juga memiliki bug dari segi gambar yang nge-blur, tapi tak perlu khawatir, sudah banyak bermunculan pes modder handal macem Jenkey yang ngeluarin patch untuk mengatasi permasalahan ini.

yang unik dari seri-seri pes adalah dari segi pencahayaan, sepertinya lighting  yang diterapkan agak kurang "pas" sehingga environment-nya dalam hal ini adalah pencahayaan  kurang real seperti Fifa. Namun meskipun begitu, saya akui seri kali ini akan lebih baik dari seri-seri pes sebelumnya. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas wajah para pemain yang masih kasar dan kurang real seperti seri seri sebelumnya, masih ada degradasi warna wajah yang cukup signifikan (bisa dilihat dengan menjalankan replay dan mengarahkan pandangan ke wajah pemain). 

Animasi jeda replay turut mengalami perubahan, keren!

Sudut dan grafik corner kick yang semakin baik!

Animasi perayaan goal, pemain cadangan mengenakan pakaian latihannya sendiri!

 Corner kick dari sudut yang lain.
Papan statistik yang semakin baik!

Player ratings.

Kelebihan :
+ Masih merupakan game sepakbola dengan grafik terbaik!
+ Atmosfer pertandingan yang cukup baik.
+ Animasi shooting sedikit membaik
+ reflek kiper sudah ada kemajuan
+ Penambahan fitur-fitur pemain yang menarik, terutama adanya penambahan fitur "Player ID" sehingga tidak ada kesenjangan-kesenjangan antar tiap team dan para pemain.

+ Kontrol bola enak, tidak terlalu lengket dengan kaki pemain seperti seri sebelumnya.
+ Tata letak menu dan tombol serta perpaduan warna cukup baik

Kekurangan :
- Face pemain yang masih terdapat degradasi warna ( Mungkin karna masih demo kali...)
- Gesture pemainnya masih agak kaku, kurang rileks. Masih banyak yang harus dibenahi.
- Gesture kiper masih sangat memerlukan perbaikan. ( Meski refleknya sudah banyak peningkatan)
- AI-nya masih jauh dibandingkan dengan Fifa. Masih bisa dikatakan gampang meskipun mengambil difficulty yang tertinggi sekalipun, berbeda dengan fifa yang saya rasa cukup sempurna untuk ukuran game.
- Tactical defending, manual defending, dsb masih sebatas pernyataan.
- Bug penentuan offside, meskipun kaki pemain masih sejajar dengan pemain lawan (masih dalam satu garis) sudah dianggap offside.

Kesimpulan: Dilihat sebagai satu kesatuan PES 2013 hadir dengan berbagai peningkatan di dalamnya. Meskipun begitu, masih banyak kekurangan sana-sini yang perlu dibenahi. Namun begitu, demo suatu game tidak bisa dianggap sebagai cermin sesungguhnya bagi game tersebut di full release nanti. Kita nantikan saja Q3 nanti..

Tested by me with :
- Ram 2 gb
- VGA Ati Radeon 5730 2 gb
- Windows 7 Ultimate 64bit

MINIMUM SYSTEM REQUIREMENTS
  • Windows XP SP3, Vista SP2, 7
  • Intel Pentium IV processor 2.4 GHz or equivalent processor
  • 1GB of RAM
  • Video Card NVIDIA GeForce 6600 or ATI Radeon x1300. Pixel / Vertex Shader 3.0 and 128MB of VRAM DirectX 9.0c compatible graphics card.
RECOMMENDED SYSTEM REQUIREMENTS
  • Windows XP SP3, Vista SP2, 7
  • Intel Core2 Duo 2.0 GHz or equivalent processor
  • 2GB of RAM
  • NVidia GeForce 7900, ATI Radeon HD2600 or higher. Pixel / Vertex Shader 3.0 and 512MB of VRAM DirectX 9.0c compatible graphics card.
SUPPORTED CHIPSETS:
  • NVIDIA – GeForce GTX550Ti, GTX470, GTX285, 9800, 8800, 8600, 7950, 7900, 7800, 7300, 6800, 6600, 6200
  • AMD/ATI – Radeon HD 6870, HD5850, HD5770, HD4870, HD4650, HD3870, HD2600, HD2400, X1900, X1650, X1600, X1300
  • Intel – HD Graphics 2000, HD Graphics 3000

Demikian review yang dapat saya sampaikan, kalo banyak kekurangan sana-sini mohon dimaafkan ya.. maklum, pertama kali nge-review game hahaha


PS: Perlu 5 jam-an download pes, 10 menit install pes, 30 menit nyoba game-nya,  1 jam lebih buat nge-upload 120mb lebih screenshot, dan seharian buat ngerangkai dan mengedit kata-kata. Tapi hanya 1 menit yang dibutuhkan untuk meninggalkan beberapa kata komentar, kritik, dan saran.  


6 komentar

31 Juli 2012 pukul 12.55 Balas

mantap gan. ane nunggu fullnya aja deh :D

31 Juli 2012 pukul 13.52 Balas

Tq,gan. Kita nantikan saja full release-nya nanti :D

1 Agustus 2012 pukul 01.20 Balas

Sepp! thx 4 reviewnya.

Masih banyak yang kurang, salah satunya adalah suport AI playernya pas lagi nyerang kayaknya pemain yg lain masih sering bengong dan ga mencari celah2 kayak di fifa!

1 Agustus 2012 pukul 10.32 Balas

Yup thanks.

Iya betul, malah kadang ga ada support dari AI-nya . Penempatan posisi-nya juga masih buruk, malah sering ngumpul jadi satu kayak mau rebutan bola ma temen sendiri ahaha

Anonim
10 Agustus 2012 pukul 02.11 Balas

Mau coba ah... tapi linknya banyak yang udah dihapus

10 Agustus 2012 pukul 17.42 Balas

Monggoh, yg jumbofiles + maknyos masih bisa kok. Btw,thanks buat infonya.

Posting Komentar


Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Info :
Untuk menampilkan komentar yang berisi gambar / video, langsung saja paste-kan link tersebut kedalam kolom komentar.

Contoh : http://www.vedainformatics.com/veranda/wp-content/uploads/2009/02/9.jpg