My Life Journey :

Memanfaatkan Koneksi Perangkat Lain untuk Android




Sekilas jokes untuk membuka postingan terbaru. 


"Dulu ping time server IIX saia 2-5 ms. setelah datang ke klinik Tong Fang, ping-nya RTO"    

smiley


Entah kenapa, akhir2 ini popularitas Tong Fang makin menggebu-gebu, seminggu lebih vakum dari dunia per-social network-an, saya langsung disuguhi aneka hidangan Tong Fang. Status facebook-> Tong Fang, tweet-> Tong Fang, bahkan Trending Topic worldwide pun isinya -> Tong Fang.  Kalo menurut saya, inilah yang bisa dianggap sebagai kelahiran "Natural Trademark" klinik Tong Fang. Lho kok? ya karna hanya dengan iklannya yang super2 "krik", stasiun TV rating rendah, dan tayangnya pun dijam-jam super sibuk smiley, Tong Fang mampu mendapatkan sebuah identitas pencitraan diri yang sangat melekat dihati para tongfangers. Oke sekian dulu OOT-nya, let's go to the point.... smiley
Seperti kata om Keynes dalam teori ekonomi-nya -> "kemakmuran suatu bangsa akan dicapai apabila rakyatnya hidup dengan koneksi internet gratis" smiley 


Okeh, langsung saja akan saya sampaikan 2 jalan menuju Roma untuk para pemirsah pengguna handheld android yang hidup dalam belenggu krisis pulsa :


1. Menggunakan Reverse Theter (Intinya sih koneksi komputer via usb)
cocok bagi anda yang:
  • Punya kabel usb yang panjang (optional) #tongfang : misal pengen deket dari HP sementara jarak antara kamu dan dia (komputer) :P cukup jauh
  • Males nge-charge manual (memanfaatkan arus listrik kompi coy sekalian nge-charge #tongfang)
  • (**)Hidup dalam belenggu "pulsa anda tidak mencukupi untuk melakukan panggilan" #tongfang  
  • dsb
Oya, ini cuman buat Rooted only ya... sistem kerja-nya sih kalogasalah pake NDIS (Network Driver Interface Spesification) bawaan microsoft, kalo buat win7 udah langsung sepaket waktu install os pertama kali. Tapi, kalo untuk Vista ke bawah (khususnya XP) musti download driver NDIS terlebih dahulu di situs resmi microsoft. 

Yang berminat mencobanya bisa mendownloadnya di link berikut. (Harganya $5.03) ato mencoba trial-nya terlebih dahulu di link berikut. Untuk trial-nya sendiri ada limitasi ( hanya bisa digunakan pada jam-jam tertentu)

Versi full yang bajakan sendiri sebenernya banyak bertebaran di dunia maya, cuman ya.. marilah kita sama-sama menghargai developer-nya, menghargai karya orang lain.

  


2. Menggunakan Connectify

Nah ini yang lumayan asik, pake wifi ex: laptop yang terkoneksi ke internet untuk membuat hotspot pribadi. Jadi, apapun perangkat yang dipake, asal punya fitur wifi otomatis bisa meminjam koneksi dari laptop yang dijadikan hotspot tadi.

Cocok bagi anda yang: 


Hidup dalam belenggu "pulsa anda tidak mencukupi untuk melakukan panggilan" #tongfang dsb
Biaya yang dapat ditekan jika menggunakan connectify :


300rb buat beli wireless router
200rb buat beli range extender
wirelles bridge (optional) 
Total : 500rb , bukan uang yang sedikit bukan?? Itupun harga untuk yang standar, yg lebih baik pastilah lebih mahal.. Itu berdasarkan standar harga pasar di Kebumen, Jateng. 

dalam post ini saya akan memberikan tutorial pemakaiannya menggunakan connectify lite yang gratis, maklum gapunya duit buat beli yang pulllll  prosmiley

Fitur connectify lite sendiri adalah sebagai berikut :

Software access point
Share internet from onther WiFi netwoks
Display connected computer/devices
Simple firewall controls
Share WiFi from 3G/4G network (limited)
"Scannify" service discovery (web only)

Bedanya sama yg pro itu, pertama... kalo yang pro, nama hotspot-nya bisa dicustomize sesuai keinginan, sedangkan yang lite default-nya include kata-kata "connectify-", kedua... pro : settingannya bisa di automatic-kan, sedangkan versi lite tidak, dan yang terkahir... pro : ada settingan firewallnya, sedangkan versi lite tidak. Tapi secara keseluruhan, perbedaannya tidak terlalu mencolok, tertutama dalam segi peformance.

Berikut tutorial menjadikan laptop sebagai hotspot :

1. Download connectify lite terbaru di link berikut 
2. Install connectify, setelah proses instalasi selesai, jalankan programnya... (pastikan laptop dalam keadaan terkoneksi dengan internet dan wifi dalam keadaan menyala)
3. Pada submenu Internet to share pilih tipe koneksi yang akan dishare. Oya, tipe koneksi yang akan dishare ini terlebih dahulu diaktifkan fitur share koneksinya. Caranya (untuk win7) , masuk ke control panel-> network and internet -> network connection. Kemudian klik kanan tipe koneksi yang akan dishare tadi dan pilih properties, disana akan ada 2 tab yang muncul, tab netwoking dan sharing. masuk ke dalam tab sharing dan check bagian " allow other network users to connect through........" . Klik ok..

4. Kembali lagi pada connectify, pada bagian advanced setting :
  • Share over : wifi
  • Sharing mode : Wifi access point, encrypted...... (biar bisa di password untuk membatasi pengguna)
5. Masukkan password kamu inginkan pada kolom password. (ex : @brains_ary) smiley

Dibawah ini adalah contoh hotspot yang saya buat menggunakan kabel LAN yang terhubung dengan router dgn ISP speedy (Koneksi parallel)

Berikut hasil test koneksi yang saya lakukan menggunakan aplikasi SpeedTest


Tested with Sony Xperia S dengan Speedy paket unlimited, hasilnya cukup menggembirakan :) 


PS: All images copyright belong to the respecfull owner



Posting Komentar


Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Info :
Untuk menampilkan komentar yang berisi gambar / video, langsung saja paste-kan link tersebut kedalam kolom komentar.

Contoh : http://www.vedainformatics.com/veranda/wp-content/uploads/2009/02/9.jpg